Selasa, 05 Agustus 2014

Lebaran yang berharga

Awalnya ketika lebaran idul fitri kemaren adek gw yang paling bontot ngerengek mau lebaran dibukittinggi tempat adek tiri mama yang laki-laki, mak etek An. Ya sudah di ikutin kemauannya dia, daripada tu anak ngambekan mending ikutin aja, itung-itung lebaran buat silaturrahmi. Oke lanjut cerita lebaran kan hari senin tanggal 28 Juli 2014 kami berangkat hari minggu, sehari sebelum hari lebaran. Nyampai disana sungguh luar biasa dinginnya. Ya namanya aja tinggal dibukit suhu nya itu lho nusuk-nusuk ke tulang, untung bawa jaket nya yang tipis jadi tambah terasalah suhu dingin di Koto Hilalang bukittinggi tersebut. Malam takbiran mak etek dan keluarga mengajak pergi buka puasa diluar sekalian melihat suasana malam takbiran dibukittinggi. Finally malam takbiran dibawah jam gadang. Lumayan seru juga malam takbiran dibawah jam gadang bukittinggi tersebut karena baru pertama kali dalam hidup gw ikut malam takbiran, biasanya takbiran dirumah saja. Liatin kembang api yang bunyinya bikin jantung mau copot. Ngerasain sesak dan sumpeknya jalanan di sekitar jam gadang dan ramayana. Dan berakhir pulang sekitar pukul 12 malam karena kami menunggu Imelda anak kakak tiri mama pulang kerja di ramayana dan mengantarkannya ke padang tarok. Sampai di koto hilalang kami tidak langsung tidur malah sibuk ngobrol hingga larut. Paginya telat bangun tidur, dan keburu-buru untuk pergi sholat iedul fitri. Lucu nya sampai di mesjid orang udah pada sholat dan kami kehabisan tempat. Ampun deh, baru pertama kali dalam hidup gw ketinggalan sholat idul fitri. Ya sudah itupun sholat sunat boleh dikerjakan boleh tidak, tapi kecewanya itu lho bikin nyeseekkk...habis orang sholat (dan kami sekeluarga kagak sholat) pergi ke padang tarok tempat nenek tiri gw.  Nenek gw itu udah 2 tahun lebih diatas tempat tidur, tidak bisa ngapa-ngapain lagi. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk nenek gw, sakitnya kehilangan nenek udah gw rasain ketika nenek kandung gw meninggal dunia sekarang gw ngak mau kehilangan nenek gw yang satu itu makanya kalau ada kesempatan untuk ke padang tarok gw kesana. Berkumpul dengan saudara-saudara mama yang se Ayah itu lain-lain gimana gitu serunya. Biasanya setiap lebaran di padang habis lebaran langsung nyamperin kakak papa di Alai dan Lapai alias nyamperin semua bako yang ada di padang. Dan lanjut nyamperin keluarga mama (keluarga adik dari nenek kandung gw yang ada dipadang) kemudian kalau ada kesempatan lebaran kedua atau ketiga lanjut pulang kampung ke batusangkar. Namun lebaran kali ini tidak. Mama bersaudara kandung hanya berdua dan saudara tiri 3 jadi jumlahnya 5. Yang kumpul kemaren cuma 4 orang tinggal 1 orang mamak gw yang kagak datang membesuk nenek padang tarok.  Tapi ngak apa, yang penting niat untuk ketemu nenek udah kesampaian. Malamnya kembali ke koto hilalang dan makan malam, nah dari sanalah mulainya Mak Etek gw bilang kalau gw ketika makan, makannya main-main, kayak org yang ngak nafsu makan saja. Langsung deh Tante Ram istri Mak Tek An ngeluarin sebuah kotak yang isinya susu kolustrum C 2 Joy. Nah gw disuruh minum tu susu biar nafsu makan meningkat dan badan bisa berisi. Udah terbukti minum tu bisa membuat badan naik, dulu sekitar tahun 2006/2007 terkahir kali gw ketemu Tante Ram badannya kurus kali, lebih kurus daripada gw, tapi pas lebaran gw ketemu kembali dengan tante Ram badannya udah berisi banget. Makanya gw disaranin buat minum tu susu. Ngak tanggung-tanggung mak etek An selama disana setiap gw mau mulai makan disuruh stop dulu dan bilang minum susu dulu baru makan..Hadeeehhh baru kali ini gw diperhatikan seperti itu sama mamak etek gw, beda kali dengan mamak kandung gw. Yang cuek bebek aja. Ngak cuma itu, gw dan adek gw mau beli apa ditanyain "deta mau beli apa lagi??mau pergi jalan-jalan kemana lagi??mau ngapain lagi kita??" ngerasa benar-benar punya mamak yang perhatian banget, sayangnya dari dulu gw ngak sering-sering silaturrahmi ke sana karena sibuk jadwal kulyah dan kerjaan gw. Lumayan lama lah gw kagak ketemu sama keluarga mamak etek satu itu 7tahun sudah kagak ketemu, eh tau-taunya anak mak etek yang notabene adalah adek gw juga sudah SMA, padahal dulu terakhir ketemu masih SD kelas 4 skrg udah mau tamat SMA *ngerasa diri udah semakin tua*
Lebaran tahun ini sunggu banyak pengalaman berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar